Senin, 10 Desember 2012

Cara Mengirim E-mail ke Bererapa Alamat sekaligus

Jika anda sering menggunakan email untuk keperluan sehari-hari seperti saya, anda pasti sudah pernah melihat kolom To, Cc dan Bcc pada email anda walaupun tidak semuanya tau apa kegunaan dan perbedaan antara mereka. Awalnya saya juga tidak tau, saya lebih sering menggunakan kolom ‘To’ dan ‘Cc’, tetapi karena keseseringan saya menggunakan email akhirnya saya menemukan kondisi dimana saya memerlukan dan dapat mengetahui kegunaan fasilitas ‘Bcc’ pada email.

Baiklah disini saya akan menceritakan sedikit kegunaan dan perbedaan antara mereka;

To: Di kolom ini anda mengisi alamat tujuan utama anda.

Cc: Singkatan dari carbon copy, di kolom ini anda dapat mengisi alamat-alamat email yang akan anda kirim, dan isi email yang dikirim berupa copyan dari email yang anda tujukan di kolom To. Jangan lupa jika alamat email yang anda tulis lebih dari satu maka pisahkan dengan tanda koma setelah itu spasi dan ketik alamat selanjutnya (contoh: tujuankesatu@yahoo.com, tujuankedua@gmail.com, tujuanketiga@hotmail.com). Alamat-alamat yang anda tulis di kolom Cc akan muncul di setiap email yang anda kirim, jadi setiap penerima email bisa membaca dan mengetahui siapa saja yang anda kirimkan email tersebut.

Bcc: Singkatan dari blind carbon copy, di kolom ini anda dapat mengisi alamat-alamat yang akan anda kirim, hampir sama seperti Cc cuman jika melalui Bcc maka kolom To kita tidak perlu isi alias bisa dikosongkan dan semua alamat yang diisi di kolom Bcc tidak akan dipublikasikan alias di ‘hidden’ maka setiap penerima email anda tidak akan tau siapa saja yang anda kirim email tersebut. Jangan lupa jika alamat email yang anda tulis lebih dari satu maka pisahkan dengan tanda koma setelah itu spasi dan ketik alamat selanjutnya (contoh: tujuankesatu@yahoo.com, tujuankedua@gmail.com, tujuanketiga@hotmail.com).

(Yahoo), Jika alamat email tujuannya banyak anda bisa menggunakan fasilitas "insert addresses" maka akan lebih mudah dan tidak perlu ditulis satu-persatu. Setelah di klik link "insert address"nya yang terletak diatas kolom To maka buku alamat Yahoo pun muncul dan anda tinggal mencentang kontak yang mana saja yang ingin anda kirim.
(Gmail), Jika alamat email tujuannya banyak anda bisa menggunakan fasilitas "Contacts" maka akan lebih mudah dan tidak perlu ditulis satu-persatu. Setelah di klik link "Contacts"nya yang terletak di kiri halaman Gmail, maka buku alamat Gmail pun muncul dan anda tinggal mencentang kontak yang mana saja yang ingin anda kirim.

Tidak semua email akan muncul kolom Cc dan Bcc secara otomatis, pada email tertentu seperti gmail anda harus mengaktifkannya dengan mengklik tulisan "add Cc" atau "add Bcc", jika pada yahoo klik tulisan "show Bcc".

Cc dan Bcc pada Email

4 komentar:

  1. EBOOK “RAHASIA SUKSES DARI INTERNET,$ 20 PERHARI”
    MEMBAHAS TENTANG CARA RAHASIA STEP BY STEP UNTUK SUKSES DARI INTERNET, MINIMAL DAPAT $20 PERHARI. DISERTAI TIPS SEO + CARA MENAIKKAN TRAFIK BLOG + TRIK SUKSES DARI GOOGLE ADSENSE + TRIK PROMOSI CLICKBANK.COM, DAN TRIK SUKSES DARI INTERNET LAINNYA YANG SUDAH SAYA KUMPULKAN.
    BAYANGKAN KALAU DALAM SEHARI DAPAT $20, BERARTI DALAM SEBULAN ANDA DAPAT $600/ 6 JUTA (SETARA GAJI KEPALA DESA) !!! HANYA BERMODAL KOMPUTER DAN INTERNET.
    EBOOK SAYA INI, SANGAT BERMANFAAT BAGI ANDA YANG INGIN SUKSES DARI BISNIS ONLINE, BAIK PEMULA ATAU YANG PROFESIONAL SEKALIPUN.
    HARGA EBOOK HANYA $5 / 50 RIBU SAJA (VIA PAYPAL)
    YANG BERMINAT LANGSUNG SMS SAJA KE 087736378572
    SAYA TUNGGU SEGERA…

    ENDANG RUSMANA HADI
    endangrusmana7@gmail.com
    endangrusmana7@yahoo.com
    087736378572

    BalasHapus
  2. berapa batasan alamat email sekali pengiriman di Yahoo?
    karena saya coba kirim diatas 50 email gagal terus
    thanks

    BalasHapus
  3. Nice posting!!
    Salam kenal!!
    Blogwalking Gan!!


    Silahkan kunjungi dan pilih2 buku berkualitas lainnya di : www.honbookstore.com
    Dapatkan diskon gede2an hingga 15%. :D

    Jangan lupa silahkan tinggalkan jejak alias komen di : Hon Book Store :)

    BalasHapus
  4. makasih bos...bermanfaat sekali, kemaren kemaren kagak ngarti istilah cc dab bcc...

    BalasHapus